Membuat SKBN di BNN

banyak teman2 pencari kerja yang bingung harus membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) dimana. sepertinya perlu untuk ngeshare pengalaman ku membuat SKBN. semoga bisa membantu ya 🙂 

22 November 2016, Aku membuat SKBN. awalnya pun bingung harus dimana. ada yang bilang di polres (?) polres pulogadung ndak bisa ya teman2, bisa nya membuat SKCK bukan SKBN. ada yang bilang di polsek (?) aku ndak tau bisa atau ndak hehe. karena aku fikir BNN (Badan Narkotika Nasional) pasti bisa, jadilah nekat kesana. Aku ke BNN Cawang, Jakarta 

Gedung Badan Narkotika Nasional RI (BNN) Jl. M.T. Haryono No. 11 Cawang, Jakarta Timur. Tlp. [021] 80871566, 80871567, Fax. [021] 80885225, 80871591, 80871592. Call Center BNN : (021) 80880011.  Sms Center BNN : 0888-111-0266.  Email Call Center BNN: callcenter@bnn.go.id http://www.bnn.go.id | info@bnn.go.id

Oke. diatas ini alamat & kontak BNN dari mas wikipedia hehehe

Berangkatlah aku ke BNN. Alhamdulillah nya ndak terlalu jauh dari rumah ku di rawamangun. aku berangkat agak siang dan baru sampai BNN jam stgh11. Sampai di depan gerbang BNN langsung ditanya pak satpam “mau kemana mbak? ada perlu apa?” dan ku jawab “mau buat SKBN pak”. dengan tangan menunjuk arah gedung bapaknya bilang “oh mbak nya lurus masuk ke gedung yang itu, lewatin lorong, ada ruangan di sebelah kiri, mbak nya masuk langsung ke lantai 2 ya mbak” dengan muka bingung sambil mengingat apa yang pak satpam nya bilang,  langsung ku jawab “ohh iya pak disana ya, makasih pak” 

sampai di lantai 2, makin bingung. orang yang mau buat SKBN ternyata banyak. pegawai BNN yang ditempat resepsionis pun ndak ada. akhirnya sok kenal aja nanya ke mas mbak (ini penting. jangan malu bertanya). dan akhirnya ku liat persyaratan pembuatan SKBN / SKHPN

Oke. yang ku pasti ada cuma poin 1 hehe. poin 2 3 4? mulai kelimpungan. nanya lah ke mas2 “mas, alat tes urine nya kita bawa sendiri? ndak bisa beli disini? mas bawa? mas beli dimana? harga alat & wadah nya berapa?” ya sebawel itu aku nanya haha Alhamdulillah nya mas2 yang ku tanya sangat ngasih solusi

“iya mbak saya bawa alat tes & wadah urine nya sendiri. ini saya beli di arga medika di pinggir jalan dekat pasar pramuka. harga nya Rp60.000 mbak. kata nya sih BNN ndak jual lagi mbak, untuk menghindari adanya pungli”. makasih banyak ya mas!

*liat jam udah stgh11an, pembuatan SKBN cuma sampai jam 12. klo aku yang ke pramuka pasti macet. bisa ndak keburu jam 12 nyerahin urine. kelimpungan lagi* akhirnya inisiatif untuk gojek!  iya minta tolong mas gojek  buat beliin hehe. aku beli buat 4 orang, ada mas mbak yang nasib nya sama kayak aku, ndak bawa juga. ini dia bukti aku ngegojek nya hehehe

sambil menunggu mas gojek, Aku mengisi formulir pendaftaran & membuat surat permohonan (seharusnya ini sudah disiapkan BNN, tp karena hari itu lagi banyak sekali orang jadi kertas form permohonan nya tinggal 1 dan ku pun tulis tangan sendiri dengan format form yg tersisa). setelah form dan KTP diserahkan ke pihak lab BNN, Aku pun dipanggil untuk di tensi. ohya, Aku ndak ngambil nomer antrian lagi karena memang sudah habis hehe

mas gojek akhirnya datang jam 11.45 hahaha last minute yaa tapi bersyukur masih ada waktu untuk mengeluarkan urine :”) pas jam 12 kurang sedikit aku nyerahin urine dan ya tinggal menunggu hasil. pihak lab BNN menginfokan kalau SKBN selesai sekitar jam 3an dan  dipersilahkan untuk makan sholat dll dulu

pihak lab BNN keluar ruangan jam 4 kurang dengan banyak kertas SKBN dan memanggil nama2 yang sudah menyerahkan urine dan karena sudah mau jam 4 jadi ndak bisa langsung legalisir, kalau mau legalisir baru bisa besok nya. ohya aku sempat nanya ke pihak lab BNN tentang masa berlaku SKBN ini dan mas nya pun jawab “sebenarnya ini cuma 3 hari dan kalau ntar malam mbak pakai narkotika juga ini sudah tidak berlaku lagi. tapi di SKBN ini tidak ada keterangan masa berlaku nya mbak” jadi? jadi ya kita batasin saja ya sendiri2 sampai kapan nya hehe 😐

ohya, membuat SKBN di BNN ini FREE ya. ya kita cukup mengeluarkan uang Rp60.000 untuk membeli alat tes & wadah urine nya. sampai detik ini yang ku tau, ditempat lain pasti diatas Rp100.000 bahkan ada yang sampai Rp200-300.000an. jadi paling hemat ya membuat SKBN di BNN (Cawang ya, untuk BNN lain aku ndak tau hehe lupa nanya juga kemarin maaf). jangan lupa datang pagi dan sudah siap dengan alat tes urine beserta wadahnya ya. 

simple kok. semangat membuat SKBN 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s